Kamis, 08 Desember 2011

Khasiat Buah Sawo


Hayoo, siapa yang belum tahu buah sawo?
Saya yakin Anda pasti sudah kenal dan pernah mencoba rasanya yang sangat manis dan beraroma yang khas. Selain itu ternyata buah sawo ini memiliki khasiat yang mungkin belum pernah kita ketahui sebelumnya. Buah sawo ternyata baik juga untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Maka tak heran, kini buah sawo makin banyak dijual dengan kemasan jus. Tak hanya itu, sawo ternyata juga bisa menyembuhkan beberapa penyakit.
Tanaman sawo (Achras zapota) termasuk di dalam famili Sapotaceae. Tanaman sawo hidup menahun, memiliki batang berkayu keras, dan percabangannya cukup rapat.
Bunga sawo muncul dari ketiak-ketiak daun, sedangkan buahnya terbentuk menggantung pada tangkai buah.
Sawo memiliki daging buah tebal, mengandung banyak air, dan bergetah. Rasanya manis dan beraroma khas. Bijinya berbentuk bulat memanjang atau bulat pipih, hitam mengkilap, dan berkeping dua. Dari biji, dapat digunakan untuk perkembangbiakan secara generatif.
Namun demikian, khusus untuk tabulampot sawo, sebaiknya menggunakan bibit cangkok. Alasannya, umur panen relatif genjah, sekitar setahun bahkan bisa kurang. Sementara untuk bibit asal biji, akan berbuah sekitar 4-5 tahun.

Mau tahu khasiat buah sawo lainnya?
Khasiat Buah Sawo diantaranya:
* daun
- mengobati demam
- obat luka dan borok
* bunga
- ramuan rempah untuk wanita yang melahirkan
* kulit
- obat diare dan demam

Khasiat Buah Sawo untuk Diare
Ambil 1 buah sawo muda, cuci sampai bersih. Sawo diparut, lalu diperas dan disaring. Bila perlu, tambahkan sedikit air matang.
Silakan minum 2 kali sehari. Bisa juga menggunakan daun sawo. Sediakan 1 mangkok daun, lalu cincang dalam 2 gelas air bersih selama 15 menit. Nah, air rebusan ini diminum 3 kali sehari.
Selain itu gunakan lebih kurang 15 tetes getah buah muda, kemudian diseduh dengan 1/2 gelas air matang panas dan campur dengan gula. Hasil seduhan diminum sekaligus.

Khasiat Buah Sawo untuk Menyembuhkan Radang Mulut
Ambil 1 mangkok daun sawo, lalu cincang dalam 2 gelas air bersih selama 10 menit. Pakai air hasil rebusan untuk berkumur.
 
Khasiat Buah Sawo untuk Mengobati Disentri
Ambil 8 buah sawo muda, cuci bersih. Kunyah-kunyah halus dengan garam secukupnya. Sedikit demi sedikit ditelan, lalu minum air hangat. Lakukan 2 kali sehari hingga sembuh.

Buat Anda yang senang borcocok tanam apalagi yang sangat tertarik dengan budidaya tanaman buah dalam pot, alangkah baiknya anda mencoba
Budidaya Sawo dalam Pot.

0 komentar:

Poskan Komentar